pasang iklan

Ketua DPR akan Kawal Ranperda Pembentukan Kampung di Pegaf

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) telah menyerahkan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2020 tentang pembentukan sejumlah kampung di wilayah Pegaf kepada Biro Pemerintah Setda Provinsi Papua Barat.

Ranperda yang masuk dalam agenda non APBD Pegaf secara resmi sudah diserahkan belum lama ini kepada pemprov Papua Barat melalui biro pemerintahan.

Secara terpisah, Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor yang ditemui mengatakan bahwa akan mengawal usulan pembentukan kampung di Pegaf.

"Apapun yang menjadi aspirasi masyarakat Pegaf akan dikawal, sebab dapil kita di Pegaf, maka wajib mendapat perhatian khusus" ungkap Wonggor kepada Jagapapua.com, Senin (2/9).

Menurut Wonggor, sekarang ini sudah ada aturan bahwa usulan pemekaran kampung harus mendapat persetujuan dari pemerintah Pusat melalui beberapa kementerian terkait.

"Pada intinya akan mendukung aspirasi disampaikan kepada pemerintah Pegaf, sehingga semuanya ini berjalan dengan baik untuk menjawab aspirasi masyarakat" ujar Wonggor.

Untuk diketahui bahwa Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, SH telah menyerahkan dokumen Ranperda tentang pembentukan Kampung di Wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak Tahun 2020 kepada Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, A. Rumbino.

Selanjutnya akan dievaluasi, diberikan kode register, dan Gubernur Papua Barat dapat memberikan Rekomendasi Persetujuan atas Ranperda tersebut.

Selanjutnya akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan Kode Desa/Kampung untuk menjadi Kampung Definitif. (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (3)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design