pasang iklan

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Kepi Mappi, Ini Penjelasan Bupati

MAPPI, JAGAPAPUA.COM - Masyarakat Kabupaten Mappi mengeluhkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang di daerahnya. Melalui pantauan tim Jagapapua.com, kondisi jalan mulai dari Bandara Kepi hingga pertigaan jalan Distrik Obaa ditemukan banyak kerusakan dan lubang sehingga sangat mengganggu aktifitas transportasi dan lalu lintas masyarakat setempat.

Selain itu, akses jalan dari Kepi menuju Distrik Muur harus melewati jalan berlumpur. Kerusakan lainnya terlihat pada ruas jalan dari Pagai menuju Tamiripim dengan sepanjang 6 km jalan harus melewati lumpur setinggi lutut. Jalan tersebut menghubungkan dua distrik di Kabupaten Mappi yaitu Distrik Asgon dan Distrik Haju.

Dengan kondisi jalan rusak parah tersebut, masyarakat sekitar harus berjalan kaki dari Pagai ke Tamaripim dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dikarenakan harus melewati lumpur yang cukup dalam. Sedangkan untuk menuju Distrik Asgon dan Haju, masyarakat setempat harus menggunakan speedboot.

Kepala Suku Auyu, Wellem Fridus Ikham membenarkan kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah. Menurutnya, kondisi jalan tersebut sudah sangat lama dan hingga kini belum diperbaiki. Ia berharap hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah setempat.

"Ya, benar. Jalan rusak, berlubang banyak sekali. Mulai dari bandara hingga pertigaan Distrik Obaa. Ini sudah lama, tidak diperbaiki. Sangat mengganggu aktifitas transportasi. Ini menjadi perhatian serius untuk pemerintah,” terang Wellem Fridus saat dihubungi tim Jagapapua.com melalui telepon selulernya pada Sabtu (27/02).

Selain keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan, Wellem juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi dapat memperhatikan program-program pembangunan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Menurutnya, pembangunan infrastruktur seharusnya diikuti dengan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Karena kabupaten Mappi ini tidak ada hasil apa-apa. Cuma berharap ke APBD. Sehingga mungkin kita bisa lebih meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan". ucapnya.

Salah seorang warga yang berprofesi sebagai tukang ojek juga mengeluhkan kondisi jalan yang rusak. Menurutnya, banyak kecelakaan terjadi akibat jalan yang rusak dan banyak motor pengguna jalan juga mengalami kerusakan. Dirinya menambahkan bukan hanya tukang ojek, supir taksi juga banyak yang mengeluhkan karena kondisi jalan yang rusak dan berlubang. Mewakili para pengguna jalan, ia berharap pemerintah segera memperbaiki kondisi jalan.

"Kami harap jalan-jalan berlubang, rusak mulai dari bandara, area pasar juga bisa diperbaiki. Karena jalan rusak dan berlubang sering terjadi kecelakaan bahkan motorpun banyak yang rusak". ujarnya.

Sementara itu, Bupati kabupaten Mappi, Kristosimus Yohanes Agawemu mengatakan bahwa kondisi jalan berlubang dan rusak disebabkan karena kualitas dari pengerjaan yang dilakukan sangat rendah. Hal tersebut yang mengakibatkan jalan rusak. Ia menambahkan hal tersebut terbukti dari material yang digunakan menggunakan material tanah sermat dan soil.

"Ya, jadi jalan itu awalnya dibangun tidak dengan kualitas yang bagus, kualitas rendah. Ketebalan aspalpun tidak sampe 3 centi. Ketika hujan, panas, hujan, panas, jalannya rusak, terkelupas,” ucapnya saat di konfirmasi tim jagapapua.com melalui telepon selulernya.

Kristosimus menjelaskan jalan ruas Bandara Kepi seharusnya sudah dikerjakan tahun lalu. Akan tetapi karena pandemi covid-19, sehingga anggaran terkait perbaikan jalan harus dikembalikan, baik anggaran dari DAK maupun anggaran dari DAU. Ia menjelaskan pada tahun ini jalan-jalan tersebut akan mulai dikerjakan. Terutama yang berada di jalur bandara akan dibuat dua ruas.

Lebih lanjut ia menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak karena kondisi jalan yang rusak. Akan tetapi ia memastikan tahun ini, pihaknya akan segera melakukan perbaikan jalan. Bupati berharap agar semua masyarakat dapat memahami tentang siklus pelaksanaan kegiatan APBD termasuk kuota anggaran yang dimiliki. Dengan demikian, diharapkan tidak ada kesalahan dalam menafsirkan setiap tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan bersumber dari APBD. (LR)

Share This Article

Related Articles

Comments (5)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design