pasang iklan

Filep Wamafma: PON XX Papua Momentum Perekat Persaudaraan Bangsa

JAKARTA, JAGAPAPUA.COM - Senator Papua Barat, Filep Wamafma mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan event olahraga akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Menurut Filep, PON menjadi momentum untuk merekatkan persaudaraan dan persatuan bangsa dari ujung barat hingga ujung timur nusantara.

“PON Papua akan dibuka Oktober, mari kita dukung bersama agar PON XX yang bertempat di Papua ini berjalan lancar dan sukses. PON Papua akan menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan bangsa dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita bisa dan mampu sukseskan event nasional sekaligus mengendalikan pandemi Covid-19,” ungkapnya, Sabtu (25/9).

Pimpinan Komite I DPD RI ini mengatakan, sebagai tuan rumah PON ke XX, Papua memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, banyak destinasi wisata di Papua juga berupa kekayaan budaya, tarian adat hingga hasil kerajinan tangan khas Papua. Bahkan Noken Papua telah diakui oleh organisasi kebudayaan dunia, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Papua ini memiliki alam yang sangat indah dan kekayaan alam yang sangat luar biasa. Papua juga punya hasil kerajinan tangan yang bahkan telah mendunia. Noken Papua itu sudah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak 4 Desember 2012 di Paris, Prancis lalu. Kita sebagai anak bangsa terlebih anak asli Papua patut berbangga atas pencapaian itu,” tambahnya.

Sebagai putra asli Papua, Filep Wamafma juga berpesan kepada para atlet putra-putri Papua untuk menunjukkan perjuangan terbaik dalam pertandingan berbagai cabang olahraga. Menurutnya, kesempatan terbaik adalah kesempatan yang diperoleh saat ini, oleh karena itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Filep menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding bagi seluruh kontingen dari seluruh penjuru nusantara di bumi Papua. Ia berharap penyelenggaraan PON XX di Papua berjalan sukses dan mencapai keberhasilan yang diinginkan bersama.

Diketahui pembukaan PON akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua. Sejauh ini beberapa cabang olahraga juga telah mulai dipertandingkan. Selain itu, panitia PON terus berupaya mempersiapkan penyelenggaraan PON Papua dan hingga kini telah mencapai lebih dari 90 persen. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design