pasang iklan

Robert Apresiasi Pendidikan Advokat oleh STIH Manokwari & Peradi

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Kepala Biro Hukum Setprov Papua Barat, Dr. Roberth K.R Hammar, SH, MH menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan ke-1 tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Manokwari dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan Roberth Hammar kepada jagapapua.com, Rabu (6/10) usai memberikan materi tentang 'Hukum Acara Arbitrase dan Alternative Dispute' kepada peserta PKPA di Kampus STIH Papua Barat di Sanggeng, kabupaten Manokwari.

Hammar menyampaikan bahwa meskipun di tengah pandemi Covid-19, DPC Peradi Manokwari mampu dan berani melaksanakan PKPA ini. Menurutnya, hal ini menunjukkan komitmen dan konsistensi pembinaan Peradi Manokwari untuk menghasilkan para advokat muda di kabupaten Manokwari.

Menurut Hammar, sebagai organisasi yang mengumpulkan para advokat di Indonesia, persyaratan untuk masuk melalui Peradi sangat ketat. Oleh karena itu, dalam pelatihan yang sedang berlangsung ini tidak semua peserta akan lolos menjadi pengacara.

“Jadi untuk menjadi pengacara, maka harus melalui tahapan seleksi ketat, sebab seorang advokat harus profesional dalam beracara di pengadilan dan mendampingi setiap orang yang membutuhkan pendampingan hukum. Dengan pelaksanaan PKPA ini dapat menjadi jalan pembuka untuk kedepannya,” sebut Hammar. 

Ia menuturkan, melalui PKPA ini diharapkan diperoleh advokat/pengacara muda yang berprestasi. Hal itu bukan saja untuk mencari keuntungan dan mencari kesalahan orang melainkan dapat menunjukkan sikap moral yang baik untuk membantu masyarakat sipil yang membutuhkan bantuan hukum saat menghadapi persoalan hukum.

"Jadi kami sangat apresiasi langkah DPC Peradi Manokwari, sebab sangat mampu dalam melaksanakan PKPA angkatan ke-1 tahun 2021 ini. Padahal kita berada di tengah pandemi Covid-19, tetapi Peradi Manokwari bisa melaksanakan kegiatan seperti ini," ungkap Hammar.

Hammar melanjutkan, terlebih PKPA ini dilaksanakan atas kerjasama Peradi dan STIH Manokwari. Ia menambahkan bahwa dari PKPA angkatan ke-1 ini dapat menjadi awal yang baik. Ia berharap, PKPA akan berjalan semakin baik pada angkatan selanjutnya.

“Ketika angkatan pertama ini berjalan baik, maka ke depannya akan lebih baik untuk angkatan berikutnya. Artinya setelah para peserta ini berhasil, maka diharapkan dapat membantu pemerintah provinsi, kabupaten dan masyarakat sipil tentang bantuan hukum,” katanya.  (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design