pasang iklan

Harap Bantuan Pemda, Nakes Korban KKB Kiwirok Minta Dipulangkan

JAYAPURA, JAGAPAPUA.COM - Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) korban kekerasan KKB di Distrik Kiwirok tengah mengharapkan bantuan pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dan pihak-pihak terkait lainnya untuk dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Menurut Kasubag Pelayanan Pengaduan Masyarakat Komnas HAM Papua Melchior S. Weruin, ada 6 nakes yang sedang menanti bantuan untuk segera dipulangkan. Keenam nakes tersebut antara lain 3 nakes ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 3 nakes ke Tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

“Keinginan nakes korban kekerasan dan penyerangan Puskesmas Kiwirok ingin pulang ke kampung halaman. Ya, Komnas HAM Papua sudah menghubungi pihak Pemkab Pegunungan Bintang dan lembaga LPSK untuk membantu memfasilitasi kepulangan nakes,” ungkap Melchior, dilansir dari Antara, Senin (18/10).

Hal yang sama diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Bernard Ramandey. Menurutnya, pihaknya juga telah menghubungi pemkab Pegunungan Bintang guna menyampaikan keinginan nakes dan agar nakes segera dapat dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

“Komnas HAM Papua sudah memberikan perlindungan kepada nakes korban kekerasan KKB Kiwirok dan telah membantu memulihkan psikologisnya secara perlahan. Ya, adanya keinginan nakes untuk pulang bertemu keluarga masih dikoordinasikan dengan pihak terkait,” terangnya.

Sementara itu, menurut keterangan nakes, Moa dan Ama mengatakan mereka dan rekan-rekannya telah sedang menunggu kepastian bantuan dan dukungan pulang kampung bertemu keluarga. Menurut keduanya, dengan bertemu keluarga akan membantu trauma healing atau mengurangi trauma yang dialami pasca kejadian kekerasan di Kiwirok.

“Kami sudah hampir satu bulan di Kota Jayapura dalam perlindungan Komnas HAM untuk menunggu kepastian bantuan pulang ke kampung halaman ingin bertemu dengan sanak keluarga serta untuk mengurangi trauma,” ujarnya di kantor Komnas HAM perwakilan Papua di Jayapura, Senin (18/10). (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery