pasang iklan

Puncak DN ke-49, STIH Rilis Film Edukasi Berjudul 'Gratifikasi'

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Ketua STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum dikenal sebagai sosok motivator sekaligus figur yang memiliki dedikasi tinggi bagi pendidikan generasi Papua. Di momen Dies Natalis STIH Manokwari ke-49 ini, Filep merilis film edukasi buah karya bersama mahasiswa yang berjudul ‘Gratifikasi’.

Film ini secara perdana diputar tepat pada puncak peringatan Dies Natalis STIH Manokwari ke-49. Sebagai penanggung jawab dalam pembuatan film, Dr. Filep Wamafma sangat mengapresiasi karya mahasiswa STIH itu sebagai upaya mencegah terjadinya praktik korupsi dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah se-Tanah Papua.

Menurut Filep, film ini menceritakan tentang peran mahasiswa untuk turut memberikan pemahaman kepada pemerintah agar potensi tindak pidana korupsi dapat dicegah, seperti saat pelelangan proyek dan lainnya. Film ini juga menekankan pencegahan pelanggaran hukum itu agar tidak merugikan masyarakat asli Papua.

"Di STIH, mahasiswa tidak hanya mengikuti perkuliahan di ruang kelas namun mahasiswa juga didorong untuk berkarya membuat film pendek untuk memberikan edukasi bagi publik. Hal ini terutama bagi pemerintah daerah di tanah Papua agar memperhatikan apa yang menjadi hak OAP agar diprioritaskan lewat pelelangan proyek pengadaan barang dan jasa," ungkap Filep usai pemutaran film perdana ‘Gratifikasi’, 17 Februari 2024.

Lebih lanjut, Filep berharap mahasiswa terus berkarya untuk menghasilkan hal-hal positif dan edukatif bagi masyarakat umum, termasuk untuk mengikuti setiap perkembangan lingkup perguruan tinggi di tanah Papua.

“Film yang dikaryakan ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, juga kepedulian STIH Manokwari kepada pemerintah untuk cegah dugaan praktik pelelangan yang tidak berpihak kepada OAP,” sambungnya.

Di samping itu, tambah Filep, STIH Manokwari juga turut mendorong penegak hukum baik Kepolisian, Kejaksaan maupun KPK untuk bersama-sama mencegah terjadinya gratifikasi dalam modus apapun di tubuh birokrasi atau pemerintahan pusat maupun daerah. (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery