pasang iklan

Koalisi Papua Bangkit Jilid 2 Belum Putuskan 2 Nama untuk Cawagub

JAYAPURA, JAGAPAPUA.COM - Kursi jabatan Wakil Gubernur Papua kosong sejak alm Klemen Tinal wafat di Jakarta, 21 Mei 2021 lalu. Hingga kini, Koalisi Papua Bangkit jilid 2 atau Koalisi Lukmen (Lukas-Klemen) belum juga memutuskan dua nama calon Wagub Papua.

Proses pemilihan diketahui masih berlangsung di internal koalisi dengan enam nama yang diajukan yaitu Yunus Wonda, Kenius Kogoya, Abock Busup, Befa Yigibalom, Jhon Tabo, dan Paulus Waterpauw.

“Sejauh ini masih enam nama,” ungkap Mathius Awaitouw selaku Ketua Koalisi Lukmen Jilid II di Jayapura, Senin (9/8).

Menurut Awaitou, kendala yang dihadapi koalisi partai-partai yaitu Partai Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PAN, PPP, PBB, PKB dan PKPI adalah terkait dengan aturan pemilihan di partai koalisi. Ia menjelaskan, aturan yang ada hanya mengatur proses pemilihan calon wakil kepala daerah dengan jumlah maksimal dua nama yang diajukan.

Dengan kondisi kebuntuan tersebut, Awaitou mengatakan pihaknya juga telah mengundang ahli hukum dari Uncen untuk menjelaskan solusi pemilihan. Akan tetapi, ia menekankan akan melakukan opsi voting apabila jalan musyawarah tidak juga mampu mengerucutkan dua nama Cagub. Proses pemilihan hingga diperoleh dua nama diharapkan berjalan sesuai aturan dan memperoleh hasil yang diharapkan setiap partai dalam koalisi.

“Kalau musyawarah tidak bisa maka kami akan lakukan voting,” jelas Awaitou. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design