pasang iklan

Tiga Investor Tertarik Berinvestasi Perikanan di Biak

BIAK, JAGAPAPUA.COM - Kedatangan Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggeno ke Biak pekan lalu nampaknya tindak sendiri.

Mereka ternyata turut membawa Investor yang juga akan siap berinvestasi di Kabupaten Biak Numfor, setelah sebelumnya sudah dua investor yang sudah mulai menjajaki investasinya di Biak.

Tak tanggung-tanggung, investor yang menggunakan pesawat pribadi itu datang ke Biak juga menyatakan ketertarikannya berinvestasi disektor perikanan. Bahkan, berencana akan membangun industri perikanan di Kabupaten Biak Numfor, dan telah melakukan survei di beberapa lokasi.

Sementara dua investor sebelumnya yang sudah ada di Biak, kini juga sudah mengembangkan dan rehabilitasi sejumlah fasilitas pendukung di Pelabuhan Umum Biak milik PT. Pelindo, dengan tujuan untuk menunjang kelancaran aktivitas pengelolaan perikanan yang akan diekspor ke luar negeri.

“Bapak Menko Marves dan Bapak Menteri Perikanan Kalautan menyatakan siap mendukung penuh pengembangan sektor perikanan, bahkan beliau ketika datang juga telah membawa investor dan beberapa lokasi sudah dilihat dari dekat. Kita doakan saja, semoga agenda-agenda besar itu dapat terwujud untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

Menteri Kelautan dan Perikana Sakti Wahyu Trenggono menyatakan keseriusan pihaknya mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam menggenjot percepatan pengelolaan sektor perikanan. Mulai dari sektor pembangunan sarana dan prasana pendukung, hingga pengelolaan akan siap diback up.

Menteri Sakti Tenggono yang tiba lebih awal dan memilih bermalam di Biak bersama sejumlah jajarannya (Dirjen dan Deputi) menyatakan, langkah-langkah konkrit harus dilakukan mulai tahun 2022 mendatang, mulai dari pembangunan sarana dan prasana pendukung, yang kini diambil oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan bahwa pihak siap akan mendukung dengan serius percepatan pembangunan di bidang perikanan sehingga perekonomian di Kabupaten Biak Numfor lebih baik kedepan.

“Industri Perikanan Harus Didirikan di Biak, dikelola di Biak, dan di ekspor dari Biak. Tidak boleh ada kapal yang datang ambil ikan, lalu langsung dibawa ke luar Biak. Ini penting supaya pertumbuhan ekonomi di Biak Numfor lebih baik, masyarakat sejahtera dan nelayan-nelayan lokal tetap diberdayakan,” ujar Menteri Sakti Trenggono.

Selain itu, Sakti Trenggono juga menegaskan bahwa dalam pengembangan sektor perikanan kedepan nelayan tradisional harus diberdayakan, termasuk memperhatikan peningkatan SDM pendidikan dan kesehatan.

“Saya inginkan awal tahun 2022 kita sudah melakukan aksi awal, kita harus mulai bekerja. Pelabuhan Perikanan Terintegrasi mulai dibangun. Saya juga akan bantu untuk mendatangkan investor,” tandasnya.

“Kedepan tentunya kita harus berupaya akan mengembalikan kejayaan pengelolaan sektor perikanan di Biak, dukungan Bapak Menteri KP dan Menko Marves serta menteri terkait tentunya sangat kami harapkan, dan atas perhatiannya datang langsung ke Biak saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Biak Numfor menyampaikan ucapan terima kasih,” ucap Bupati Herry Ario Naap.

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design