pasang iklan

Marius Sakmaf: Profesi Advokat Terhormat di Mata Masyarakat

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Pelaksana tugas Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari Papua Barat, Marius S. Sakmaf, SH., MH menyampaikan beberapa hal penting sebagaimana pesan dan amanah dari ketua STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum., C.L.A kepada peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan ke-1 tahun 2021.

Dalam sambutannya, Marius Sakmaf menyampaikan selamat dan sukses kepada DPC Peradi Manokwari yang sudah melaksanakan kegiatan PKPA selama 8 hari. Kegiatan PKPA ini resmi ditutup oleh Ketua DPC Peradi Manokwari, Selasa (12/10).

Menurut Sakmaf, kegiatan semacam inilah yang menjadi harapan bersama di tanah Papua pada umumnya, dan khususnya di Manokwari Papua Barat. Menurutnya, profesi advokat adalah profesi yang sangat mulia dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memperoleh keadilan.

Ia berharap, peserta yang sudah menyelesaikan pendidikan profesi advokat ini dapat selalu mengedepankan profesionalisme dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat Papua.

“Jadi kegiatan PKPA ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat membanggakan kita semua. Bahkan peserta PKPA ini rata-rata kita saling kenal, maka apa yang sudah kita lakukan melalui kegiatan ini dapat memberikan harapan bagi masyarakat dalam mencari dan memperoleh keadilan” ungkap Sakmaf.

Sakmaf menambahkan, Pimpinan STIH Manokwari menyampaikan bahwa profesi advokat sangat dibutuhkan, sebab profesi ini tidak kalah penting dengan penegak hukum lainnya seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan. Bahkan apabila profesi advokat dipidanakan, maka tidak logis, sebab advokat sudah sederajat dengan penegak hukum lainnya di negara ini.

Lebih lanjut, Sakmaf menyampaikan bahwa profesi advokat terhormat dan mendapat perhatian dari masyarakat khususnya yang mencari keadilan. Di samping itu, Advokat memiliki posisi sama dengan kepolisian, kejaksaan dan pengadilan, maka profesi advokat harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang hukum.

“Mengakhiri sambutan ini, ketua STIH Manokwari menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun antara STIH Manokwari dengan DPC Peradi Manokwari, sehingga ke depannya kerjasama ini terus dibangun untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Papua yang berlatar belakang profesi advokat,” ujar Marius Sakmaf. (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Kaos design