pasang iklan

Serangan KKB ke Pos Marinir di Dekai Akibatkan Personel TNI Gugur

YAHUKIMO, JAGAPAPUA.COMKelompok kriminal bersenjata (KKB) dilaporkan menyerang Pos Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir di di Kampung Baru, Jalan Statistik, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Kejadian itu berlangsung pada hari ini Senin (21/8/2023) sekitar pukul 11.25 WIT.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Irjen) Mathius Fakhiri menyampaikan seorang anggota Marinir-Angkatan Laut (AL) Pratu Agung Pramudi Laksono (27 tahun) gugur saat kontak senjata dengan KKB. Dalam insiden itu, personel Satgas Pamtas membalas serangan KKB tersebut.

“Dari laporan yang diterima penyerangan oleh kelompok terorisme kriminal bersenjata itu terjadi pada saat siang sekitar Pukul 11:25 WIT,” kata Irjen Mathius dalam siaran pers, Senin (21/8/2023).

Menurut Fakhiri, korban dilaporkan meninggal dalam perjalanan ke RSUD Dekai setelah sebelumnya sempat mendapatkan tindakan medis darurat di lokasi baku tembak.

“Korban Pratu Agung Pramudi Laksono, adalah personel dari Satgas Pamtas Mobile Yon-7 Marinir-AL,” ujar Fakhiri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihak penyidik Polres Yahukimo saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku dari KKB kelompok mana yang melakukan serangan tersebut.

Selain itu, Fakhiri juga memerintahkan Polres Yahukimo untuk melakukan kordinasi dengan otoritas TNI di wilayah tersebut guna peningkatan status keamanan.

“Saat ini aparat gabungan (TNI-Polri) masih menetapkan status siaga di Distrik Dekai untuk mengantisipasi serangan-serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),” kata Irjen Mathius.

Aksi KKB di wilayah Papua belakangan cukup intens. Sebelumnya, KKB melakukan pembakaran gedung perpustakaan SMA Negeri I di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Kamis (17/8/2023). Aksi tersebut diduga dilakukan oleh KKB Titus Murib alias KKB Kepala Air.

Kejadian itu berlangsung pada saat masyarakat setempat melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78. Akibatnya, kegiatan belajar-mengajar di sekolah di Kampung Kago tersebut terpaksa dihentikan sementara.

Aparat keamanan di daerah itu sempat mendapatkan laporan suara tembakan di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Puncak dan direspons oleh Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru yang kemudian bergegas melakukan penyisiran di sejumlah tempat dengan menerjunkan dua unit kendaraan tempur roda empat, dan truk angkut satuan.

Saat penyisiran, aparat mendapati asap tebal membumbung tinggi dan mendekati sumber hingga menemukan gedung perpustakaan telah hangus terbakar. Tim gabungan TNI-Polri meningkatkan penjagaan di sekitar lokasi untuk mengamankan daerah dan mengutamakan keselamatan warga. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery