pasang iklan

Jadi Pembicara Mubes Suku Doreri, Senator Filep Tekankan Hal Ini

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COMAnggota DPD Republik Indonesia, Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum menghadiri undangan Musyawarah Besar (Mubes) suku Doreri Ke-III di kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Jumat (12/4/2024).

Mubes Suku Doreri terlaksana sebagai bentuk komitmen dewan adat suku dalam rangka memperkuat sistem tatanan adat istiadat, khususnya di internal Suku Doreri di kabupaten Manokwari dan di luar Manokwari.

Di kesempatan itu, Filep Wamafma dipercaya menjadi pembicara dan menyampaikan materi tentang Hukum Adat. Ia menekankan bahwa semua hal yang berkaitan dengan kesulungan adat Doreri harus dibicarakan secara khusus dan intensif dalam Mubes ini.

Terlebih, penyelenggaraan Mubes ini bertujuan untuk membahas sekaligus menghasilkan poin penting dan berharga bagi kepentingan suku untuk saat ini dan ke depannya.

"Di kesempatan ini saya mengajak keluarga besar Doreri untuk memperkuat apa yang menjadi keinginan dalam tatanan adat istiadat, harus dibahas dalam mubes ini sehingga tidak keluar dari apa yang diharapkan oleh keluarga besar Doreri yang tergabung dalam 9 keret di sini," sebut Filep.

Menurutnya, masalah sosial, politik dan organisasi Suku Besar Doreri harus dibicarakan secara musyawarah dan mufakat untuk mencari solusi yang komprehensif demi kebaikan dan kemajuan suku Doreri.

Di samping itu, Filep menyarankan agar suku Doreri turut membahas tentang kuota kursi pengangkatan DPRP dan DPRK lewat kursi Otsus Papua. Hal ini penting dilakukan guna memperkuat keterwakilan suku-suku di level provinsi dan kabupaten.

"Jadi kaitan dengan kursi Otsus DPR Provinsi dan DPRK harus melihat dari syarat umum sehingga siapapun yang akan diplenokan lewat mubes ini mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi suku Doreri," pesan Filep. (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery