pasang iklan

Mediasi dengan Pemilik Ulayat, Kadis PUPR Buka Palang TPA Tisay

JAGAPAPUA.COM - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR) membuka pemalangan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tisay, Bintuni pada Senin (4/10).

Kepala Dinas PUPR Bintuni, Tommy Tulak menemui pemilik hak ulayat Hermanus Yetu untuk membicarakan persoalan pemalangan TPA Tisay. Dalam pembicaraan itu, Hermanus Yetu menyampaikan aspirasinya hingga akhirnya disepakati untuk pemalangan di TPA Tisay dibuka kembali.

“Saya buka dengan catatan kepada pemerintah daerah agar anak-anak 7 suku tenaga honorer daerah ini dapat diterima kembali sebagai PNS. Jika tidak kami akan kembali memalang akses jalan masuk ke lokasi TPA,” ujar Hermanus.

Menurut Hermanus, tidak ada permasalahan terkait lokasi TPA Tisay. Akan tetapi yang belum dilepaskan adalah lokasi dimana saat ini didirikan rumah jaga dan akses jalan masuk TPA. Ia berharap pemerintah dapat memperhatikan tenaga honorer kabupaten yang merupakan anak-anak tujuh suku Bintuni.

Menanggapi hal itu, Tommy Tulak menyampaikan bahwa permasalahan tenaga honorer telah dibahas dengan Bupati Bintuni. Ia meminta masyarakat bersabar menunggu SK honorer dari bupati dikarenakan pengurusan SK harus melalui prosedur dan membutuhkan waktu.

“Masalah honorer ini kami sudah rapat dengan bapak Bupati. Hanya masalah waktu saja karena ini kan ada prosedur. Kita akan menunggu SK honorer dari Bupati. Setelah SK sudah dikeluarkan, honorer daerah aktif kembali. Karena kalau kita mengaktifkan berarti kita harus siapkan anggaran untuk membayar tenaga honorer daerah,” terangnya.

Usai memberikan keterangan kepada Hermanus Yetu dan keluarganya, Tommy Tulak meminta kepada Hermanus untuk membuka palang agar kendaraan truk pengangkut sampah dapat melewati akses jalan TPA Tisay. Ditemani masyarakat adat keluarga besarnya, Hermanus kemudian bergegas membuka palang tersebut dan disaksikan oleh Tommy Tulak beserta para staf Dinas PUPR dan Humas Perusda di TPA Tisai. (MW)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery