pasang iklan

Bersumber Dana Otsus, Kampung Korano Beri Bantuan Pelajar OAP

BINTUNI, JAGAPAPUA.COM - Kepala Kampung Korano Jaya Rante Karto Manibuy beserta aparat kampung memberikan bantuan dana dan keperluan sekolah kepada 79 pelajar SD, SMP dan SMA asal Kampung  Korano Jaya di Balai Kampung Korano Jaya SP2 Bintuni, Papua Barat. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan pada Senin (18/10).

Bantuan yang diberikan diantaranya berupa pakaian seragam sekolah, topi, dasi, sepatu dan bantuan dana pendidikan. Bantuan ini terlaksana atas hasil rapat kepala kampung dan warga kampung Korano Jaya. Sedangkan sumber dana bantuan ini diperoleh melalui dana Otsus yang peruntukannya langsung kepada siswa-siswi OAP sesuai dengan petunjuk teknis peruntukan dana otsus; yakni kepada Orang Asli Papua (OAP).

Berdasarkan informasi yang diterima jagapapua.com, nama-nama pelajar sudah didata dengan baik sehingga jumlah penerima bantuan diperoleh sebanyak 79 pelajar antara lain 47 pelajar SD, 21 pelajar SMP dan 11 pelajar SMA. Untuk pelajar SD dan SMP masing-masing mendapat bantuan berupa topi, dasi, kaos kaki dan sepatu senilai barang sebesar Rp 200.000,- Sedangkan untuk pelajar sekolah menengah atas (SMA) diberikan dana pendidikan sebesar Rp Rp 1.200.000,- untuk 6 bulan. Jadi total dana untuk 11 siswa pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang diberikan berjumlah senilai Rp.13.200.000.-

Ketua OAP Kampung Korano Jaya David Manibui menyampaikan bantuan dana Otsus ini diperuntukan bagi orang asli Papua. David juga mengapresiasi kepala kampung Korano Jaya beserta aparat kampung yang melaksanakan amanat UU Otsus dengan baik.

“Selaku Ketua OAP Kampung Korano Jaya, saya apresiasi kepala kampung dan aparat kampung yang telah menerjemahkan bantuan dana ini sesuai peruntukannya. Dan ini juga melalui rapat dan musyawarah mufakat bersama warga kampung. Sekali lagi kami selaku Ketua OAP Kampung Korano Jaya sangat mengapresiasi hal ini, positif banget dan tepat sasaran yakni langsung kepada pelajar SD, SMP dan SMA yang orangtua mereka adalah asli Papua,” ujarnya.

Sementara itu kepala Kampung korano Jaya Rante Karto Manibuy menyampaikan bahwa pemberian bantuan melalui dana Otsus yang dikucurkan kepada Kampung Korano Jaya merupakan hasil rapat bersama aparat kampung dan warga. Rapat tersebut menyepakati realisasi dana Otsus dilakukan pada sektor pendidikan untuk OAP.

“Sebelumnya saya bersama aparat kampung, kami sudah rapatkan bersama. Dan dalam rapat itu kami telah sepakati bersama agar sesuai amanat UU Otsus bantuan untuk dunia pendidikan maka hari ini kami telah bagikan kepada para pelajar mulai dari SD, SMP, SMA dengan tujuan melalui bantuan ini bisa meringankan beban orang tua mereka,” ungkapnya.

Diketahui, dalam pembagian bantuan itu juga dihadiri Babinsa Korano Jaya, Mirza dan para orang tua siswa. Salah satu orang tua siswa Benny Manibuy yang ketiga anaknya mendapat bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kepala Kampung Korano Jaya yang peduli kepada para pelajar asli Papua di Kampung.

“Harapannya bantuan ini jangan berhenti di sini saja tetapi bisa berlanjut hingga mereka di perguruan tinggi nanti,” ujarnya. (MW)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery