Gubernur Papua: Papua Butuh Sinergitas Bersama Bahas Otsus

JAGAPAPUA.COM - Gubernur Papua melalui asisten I Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH menyampaikan pentingnya sinergitas pada Pemerintah Provinsi dengan seluruh stake holder terkait keberlanjutan Otsus di tanah Papua. Hal itu disampaikan pada pertemuan dengan For Papua MPR RI yang berlangsung pada Kamis, 27 Agustus 2020 di Jakarta.

Doren mengungkapkan, meski Otsus telah berlangsung selama 19 tahun, masih ada tantangan atau kendala pada pelaksanaannya di Daerah. Namun, menurutnya patut untuk diakui bahwa ada keberhasilan Otsus yang telah nampak secara nyata di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua.

Oleh sebab itu ia menekankan perlunya soliditas Pemerintah Daerah dan For Papua MPR RI, mengingat sampai saat ini terkait dengan wacana Perubahan UU otsus oleh Mendagri, belum ada pembahasan substansi secara detail baik dengan pihak DPR RI, DPD RI, For Papua MPR, DPR Papua, MPRP dan Rakyat Papua.

Ia juga menyarankan perlunya dibentuk tim khusus dalam rangka menyerap aspirasi rakyat Papua. Tujuannya tak lain untuk menyamakan persepsi dari semua pihak untuk mewujudkan visi misi perbaikan Papua.

Terakhir, ia menekankan agar dua Pemerintahan di Provinsi Papua dan Papua barat segera melakukan pertemuan dalam rangka pembahasan rencana perubahan UU Otsus tersebut mengingat waktu yang diberikan oleh Dirjen Otda kepada Pemda Papua untuk menyerap aspirasi rakyat hanya selama 2 bulan. (Kr)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

HUT GKI PAPUA