pasang iklan

Seorang Guru Pesantren Lakukan Pembersihan Gereja Jelang Natal

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Menjelang peringatan Natal, Catur Subroto yang aktivitas kesehariannya mengajar di Pesantren nampak membersihkan halaman gereja, Rabu 22/12/2021. Ia adalah seorang warga SP 2 yang atas inisiatifnya saling menjaga toleransi antar umat beragama.

“Saya melakukan dengan hati  nurani dan tanpa keterpaksaan. Sudah lama saya selalu mengerjakan pembersihan gereja di hari Natal tiap tahun, tapi saya tidak pernah mengekspos ke media-media,” ujarnya.

Ia menyampaikan, dirinya membersihkan gereja di setiap hari Natal supaya saudara dari Nasrani saat beribadah, gereja sudah bersih dan terasa nyaman. Pak Subroto ini bekerja sebagai seorang guru di pondok pesantren Pembina TPA-Mathlaul Falah dan Sunan Kali Jogo di SP 2. Selain itu, ia juga bergabung di Banser.

Subroto juga mengajak saudara se-bangsa dan se-tanah air memanfaatkan sisa umur yang ada di dunia untuk berbuat baik kepada sesama umat beragama.

“Dan jangan kita membeda-bedakan, kita harus hidup rukun dan damai di negeri Indonesia tercinta,” sambungnya.

Subroto mengaku di dalam Islam juga masih ada kelompok yang radikal dan sangat berbahaya dengan mengatasnamakan pribadi dan oknum-oknum tertentu. Menurutnya, semua kedudukan manusia sama dan tidak berbeda.

“Agama Kristen mengajarkan kasih dan kami agama Islam juga mengajarkan hal yang sama. Setiap hari Natal saya selalu silaturami ke Basudara kita yang Nasrani dan begitupun juga setiap hari lebaran Basudara dari Nasarani silaturahmi ke tempat saya,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pemuda-pemudi untuk terus berbuat baik tanpa memandang suku, ras dan agama. Dengan demikian, generasi penerus memiliki jiwa-jiwa sosial yang tinggi dalam toleransi bergama dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya. (Rolly)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery