pasang iklan

Unik! Ini Cara Warga Syou Kibarkan Merah Putih di Tengah Hutan

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 bergema di seluruh penjuru Nusantara. Warga Kampung Syou, Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat memiliki cara unik untuk menggelar upacara kemerdekaan tahun ini sebagai wujud kecintaan warga untuk Tanah Air Indonesia.

Warga Syou Warmare menempuh jarak sejauh 1 kilometer yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki untuk menggelar upacara tersebut di tengah hutan belantara tepat selasa pagi (17/8). Selain itu, warga mengibarkan bendera Merah Putih di ujung pohon pisang raksasa setinggi 25 meter yang dipanjat oleh seorang warga. Tiang bendera dari pohon pisang raksasa dan cara pengibaran dengan memanjatnya merupakan keunikan tersendiri yang mewakili antusiasme warga di Hari Kemerdekaan RI.

Menurut salah seorang warga Syou, Zeth Woggor, upacara kemerdekaan RI ini merupakan inisiatif warga untuk menyambut HUT RI dengan rasa bangga dan kecintaan untuk NKRI.

“Kami sebagai warga Papua bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Zeth dilansir dari Kompas (17/8).

Lettu Inf Dany Purnomo selaku Danramil 1801-03/Warmare menyampaikan kebanggaan terhadap masyarakat Kampung Syou Distrik Warmare. Ia mengatakan warga Syou tinggal di daerah terisolir namun kecintaan dan semangat warga dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI layak diapresiasi.

"Ini merupakan wujud nyata kecintaan  mereka terhadap negara kesatuan Republik Indonesia dan menghormati para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah zaman kala itu," ujar Dany Purnomo. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery