pasang iklan

Kabupaten Jayawijaya Hingga Kini Belum Miliki alat PCR Covid-19

JAYAWIJAYA, JAGAPAPUA.COM - Hingga kini Kabupaten Jayawijaya belum memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) atau reaksi berantai polimerase untuk mendekteksi Covid-19. Menurut Kepala Bidang Penunjang RSUD Wamena dr Anton Manaor, pihaknya menggunakan alat tes cepat molekuler untuk pemeriksaan Covid-19. Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah dapat segera memberikan bantuan berupa alat PCR untuk mendukung penanganan Covid-19 di Kabupaten Jayawijaya.

“Hingga saat ini, belum ada alat PCR di Jayawijaya. Pemeriksaan Covid-19 di RSUD Wamena hanya menggunakan alat tes cepat molekuler,” ungkap Anton Manaor seperti dilansir dari kompas, Sabtu (7/8).

Diketahui total kasus positif Covid-19 di Jayawijaya hingga Sabtu (7/8) telah mencapai 1.756 kasus dengan 1.334 pasien dinyatakan sembuh dan 22 pasien meninggal dunia. Sedangkan sebanyak 400 pasien tengah menjalani perawatan akibat Covid-19. Ketiadaan alat PCR di Jayawijaya menjadi kendala tersendiri dalam pemeriksaan Covid-19 dan rawan penularan bagi tenaga kesehatan yang bertugas.

Sementara itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jayawijaya terpaksa harus membuka membuka dua rumah sakit lapangan untuk menangani pelayanan pasien Covid-19. Hal itu disebabkan karena kapasitas rumah sakit telah penuh hingga beberapa pasien Covid-19 terpaksa diminta melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan.

“Rumah sakit kita saat ini cukup penuh sampai kita harus menambah tempat tidur dan buka dua rumah sakit lapangan yang memang juga penuh. Jadi memang ada beberapa pasien yang kita minta isolasi tapi di bawah pengawasan petugas,” ungkap Bupati Jayawijaya, Sabtu (7/8).

Di tengah kondisi tersebut, Bupati Jayawijaya menyebut bahwa pihaknya gencar melakukan pelacakan kontak erat pasien terpapar Covid-19. Selain itu, kesadaran masyarakat juga meningkat untuk berinisiatif mendatangi rumah sakit guna memeriksakan diri apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

“Angka kita naik karena tim kami lakukan tracing kontak, selain itu juga banyak warga yang bergejala yang dengan inisiatif sendiri datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan,” ungkapnya. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (1)

  • buying cialis online usa

    Buy Nizagara In Uk

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery