pasang iklan

Polri: OAP Jadi Sasaran Pembinaan Operasi Damai Cartenz 2022

JAGAPAPUA.COM - Kepolisian Negara RI (Polri) akan memberlakukan Operasi Damai Cartenz saat berakhirnya operasi Nemangkawi pada 25 Januari 2022 mendatang. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, operasi Damai Cartenz ini menyasar Orang Asli Papua (OAP) sebagai target utama pembinaan.

"(red, OAP) sebagai target operasi, maksudnya target pembinaan," ujar Brigjen Ahmad Ramadhan dikutip dari Kompas, Rabu (12/1/2022).

Ia menambahkan, operasi Damai Cartenz diantaranya berupa kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua terutama OAP. Menurutnya, operasi ini memiliki fokus pembinaan yang disebut sebagai pendekatan pembinaan masyarakat (binmas) noken.

"Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu binmas noken atau pendekatan kepada masyarakat," ujar dia.

Selain itu, dalam operasi Damai Cartenz juga akan dilaksanakan upaya penegakan hukum saat dibutuhkan. Akan tetapi menurutnya, upaya-upaya preventif akan lebih diutamakan daripada upaya penegakan hukum. Artinya, penegakan hukum ditempatkan sebagai fungsi pendukung.

Sebagaimana diketahui, Satgas Operasi Nemangkawi yang biasa melakukan penindakan hukum terhadap anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua diakhiri. Satgas Nemangkawi diganti dengan Operasi Damai Cartenz 2022.

Adapun Operasi Damai Cartenz ini mengedepankan tiga fungsi. Fungsi yang dimaksud merupakan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas. Ramadhan menegaskan penindakan hukum masih dilakukan dalam Operasi Damai Cartenz oleh satgas gakkum. Hanya, penindakan hukum tidak dikedepankan.

“Cara bertindak yang dikedepankan dalam Operasi Damai cartenz ini persuasif dan preventif. Dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi binmas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain. Fungsi preventif sabhara dan gakkum,” imbuh Ramadhan. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (158)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery