pasang iklan

TPNPB-OPM Ngalum Kupel Akui Serangan di Kiwirok, 1 Brimob Tewas

KIWIROK, JAGAPAPUA.COM - TPNPB-OPM Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alipky Taplo mengaku bertanggung jawab atas penembakan di Distrik Kiwirok Kabupaten Pengunungan Bintang Papua pada Minggu, 26 September 2021. Dalam rilisnya (26/9), Lamek Taplo mengatakan pihaknya selalu siap menyambut kedatangan TNI-Polri di Kiwirok.

“Kami Militer TPNPB-OPM Kodap XV Ngalum Kupel siap menanggapi kedatangan ribuan pasukan teroris NKRI TNI-Polri di Tanah Ngalum, sampai kapanpun kami tetap perang sampai Papua Merdeka,”  ujarnya.

Dalam laporannya, Lamek mengatakan pihaknya telah melancarkan aksi penembakan terhadap pasukan TNI-Polri. Menurutnya, dalam kontak senjata itu pihaknya tidak mengalami luka ringan maupun luka tembak. Ia menegaskan bahwa perang akan terus berlanjut untuk menuntut kemerdekaan atas Papua.

“Hari ini (26/9) pagi subuh, kami sudah tembak mati pasukan TNI-Polri sekitar 2 orang luka-luka. Kami belum bisa pastikan namun soal berapa yang mati, berapa yang luka itu urusan mereka bisa umukan kah tidak, yang penting perang kami tetap eksis sampai Papua Merdeka.”

“Sementara pihak kami belum ada korban tewas maupun luka ringan dan pihak militer kami sudah bunuh 2 orang tewas dan luka. Korban tewas lain kami belum bisa pastikan karena situasi tidak medukung,” tambahnya.

Diketahui, kontak senjata antara OPM/KKB dan TNI-Polri kembali terjadi Minggu (26/9) pagi. Kepala Operasi Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat mengatakan dalam insiden ini, seorang anggota Korps Brigade Mobil (Brimob) Kelapa Dua bernama Bharada Muhammad Kurniadi meninggal dunia akibat terkena tembakan.

Ramdani mengatakan bahwa jenazah Kurniadi langsung dapat dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri pasca gugur dalam kontak senjata. Nantinya, jenazah dipulangkan ke keluarga.

"Sudah kami evakuasi, sekarang sudah di RS Polri Jayapura. Sore nanti kami terbangkan menuju Medan karena Rumah Duka di Aceh Tamiang," jelasnya. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery