pasang iklan

Disdukcapil Sosialisasikan Layanan Sistem IKD di STIH Manokwari

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COMDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari dan Disdukcapil Provinsi Papua Barat melaksanakan sosialisasi tentang program Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan program perekaman E-KTP di STIH Manokwari dalam program ‘Dukcapil Goes to Campus STIH Manokwari’.

Disdukcapil juga melakukan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), perbaikan dan pembuatan Kartu Keluarga, serta pencetakan akte kenal lahir dengan sasaran utama kegiatan yakni sivitas akademika STIH Manokwari.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Manokwari, Rustam Efendi menyampaikan banyak terima kasih kepada Ketua STIH dan jajaran yang telah mendukung dan menyediakan lokasi pelayanan dokumen kependudukan bagi dosen, staf, mahasiswa dan bagi masyarakat umum di sekitar kampus STIH.

Rustam mengatakan, program IKD ini memang terbilang program baru, namun saat ini sudah digunakan di seluruh indonesia. Menurutnya, program ini sangat mempermudah masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan. Melalui aplikasi IKD ini, masyarakat tidak perlu lagi membawa KTP dan KK ketika bepergian, namun cukup membawa handphone dan menunjukkan identitas dokumen sesuai aplikasi IKD tersebut.

“Yang jelas bahwa program IKD ini memang memudahkan masyarakat dan lebih murah tanpa mengeluarkan biaya dalam pengurusannya,” kata Rustam saat ditemui Jagapapua.com, Kamis (23/11/2023) di halaman kampus STIH Wosi Manokwari.

Rustam mengakui bahwa program IKD ini belum dikenal secara luas oleh masyarakat sehingga menjadi tantangan bagi Disdukcapil untuk terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat. Namun untuk saat ini pihaknya lebih berfokus ke lingkungan kampus dan sekolah-sekolah.

“Kendala kami saat ini untuk sosialisasi dan melaksanakan program IKD ini adalah jaringan internet, terutama kabupaten yang masih terbatas dengan jariangan internet seperti halnya di kabupaten Pegunungan Arfak. Ya hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” sebut Rustam.

Sementara itu, Pjs. Ketua STIH Manokwari Marius S. Sakmaf, SH., MH menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Disdukcapil kabupaten Manokwari dan Disdukcapil Papua Barat yang berkolaborasi dan mempercayakan STIH Manokwari sebagai tempat pelaksanaan program.

“Sebagai pengguna, program IKD ini sangat membantu kami, namun memang tidak bisa kita memaksakakan kepada masyarakat dan tentu butuh secara perlahan masyarakat akan pahami tentang program IKD ini,” sebut Marius Sakmaf.

Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan bahwa mahasiswa, dosen dan staf sangat antusias mengikuti program ini. Dia berharap semua mahasiswa bisa memperoleh e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya dengan kemudahan dalam sistem tersebut. (Humas STIH/WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (5)

  • Arronoperi

    https://indianpharmacy.shop/# buy medicines online in india online pharmacy india

  • nloyiar

    vLdryQ mzbhihjqavcq, [url=http://qwasimafhnuj.com/]qwasimafhnuj[/url], [link=http://boxvxatknxyn.com/]boxvxatknxyn[/link], http://alqrwhooyopk.com/

  • Devonrooff

    purple pharmacy mexico price list: mexican pharmacy online - mexican online pharmacies prescription drugs

  • Stephenbar

    pharmacies in mexico that ship to usa: online mexican pharmacy - buying prescription drugs in mexico

  • Donaldjem

    mexican pharmaceuticals online http://cmqpharma.com/# mexican border pharmacies shipping to usa mexican mail order pharmacies

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery