pasang iklan

Mensos Salurkan Rp 3,7 M untuk Komunitas Adat Terpencil di Asmat

ASMAT, JAGAPAPUA.COM - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini (Mensos Risma) menyalurkan bantuan senilai Rp. 3.755.160.000 atau sekitar Rp. 3,7 Miliar kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT) di 3 kampung di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Kamis  (11/11/2021).

Ketiga kampung tersebut adalah Kampung Kamur Distrik Pantai Kasuari, Kampung Erosaman dan Amagais Distrik Der Komour yang dianggap lokasi Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Provinsi Papua. Kampung Erosaman, Distrik Der Komour, Agats, Kabupaten Asmat merupakan kampung rawan bencana karena hanya berada 2-3 meter di atas permukaan laut.

Meskipun demikian, Risma mengaku optimis bahwa kondisi kampung yang ada dapat diatasi agar meminimalisir dampak kemungkinan bencana yang terjadi bagi masyarakat setempat.

"Kendala ini bisa diatasi dengan berbagai cara, saya yakin bisa diatasi. Tapi memang membutuhkan kerja keras," kata Risma saat mengunjungi Kampung Erosaman, Kabupaten Asmat, Kamis (11/11).

Mensos Risma memberikan bantuan bagi 23 kelompok KAT berupa pertanian sayur dan tanaman hidroponik untuk menangani kemiskinan ekstrem. Selain itu, Risma juga menyalurkan bantuan berupa 5 unit kios lengkap dengan sembako bagi Keuskupan Agats sekaligus dengan distribusi barang, genset magnetik dan komputer di setiap kios.

Kemensos juga memberikan bantuan berupa 10 unit peternakan ayam petelur, 3 unit perahu longboat dan honorarium bagi 6 orang pendamping lokal selama 3 tahun. Dengan demikian, total bantuan yang disalurkan Mensos Risma mencapai Rp 3,7 miliar untuk masyarakat di Kabupaten Asmat.

Hal itu senada dengan harapan Bupati Asmat Elisa Kambu. Ia meminta Kemensos memberikan perhatian khusus bagi masyarakat rentan dan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Asmat melalui program pemberdayaan. Menurut Elisa Kambu, pemberdayaan masyarakat menjadi program yang dinilai tepat guna mendorong kebangkitan dan kemandirian masyarakat Asmat untuk pulih akibat kondisi pandemi Covid-19.

"Semoga wilayah kami menjadi perhatian serius pemerintah pusat melalui Kemensos RI, bantuan KAT yang difokuskan ke sejumlah kampung di Asmat sangat bermanfaat," katanya. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery