pasang iklan

Tunjukkan Orang Papua Mampu dan Berdaya, Ini Pesan Fientje Suebu

JAKARTA, JAGAPAPUA.COM - Fientje Maritje Suebu menjadi perempuan Papua pertama yang menjabat sebagai Duta Besar pada perwakilan RI di luar negeri. Fientje yang telah selama 31 tahun berkarir di Kementerian Luar Negeri ini resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Duta Besar (Dubes) LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Menurut Fientje menjadi Duta Besar merupakan puncak karier dan tujuan akhir (the ultimate goal) bagi seorang diplomat.  Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Perwakilan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk India. Melalui pencapaian ini, Fientje menunjukkan bahwa orang Papua juga mampu dan berdaya sebagaimana warga Indonesia lainnya, khususnya bagi para perempuan Papua.

"Saya percaya bahwa perempuan Indonesia, khusus dari Papua dapat menjadi agen perubahan di bidangnya masing-masing," ungkap Fientje, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (12/1/2022).

Pencapaian Fientje ini menjadi kebanggaan bagi warga Papua. Fientje berharap penunjukan dirinya sebagai Duta Besar ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak muda Papua, termasuk pada perempuan muda Papua untuk menekuni bidang dan minat masing-masing.

Selain itu, pencapaian Fientje juga memberikan bukti nyata bahwa seorang perempuan mampu berprestasi gemilang di ranah publik. Perempuan tak hanya mampu berada di ruang domestik melainkan mampu berperan seimbang bahkan berkontribusi baik bagi keluarga maupun negara.

"Dan saya harap ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik di Papua," sambung Fientje.

Fientje mengaku bersyukur memiliki suami yang sangat pengertian dan mendukung dirinya. Menurut ibu dari 3 anak ini, ia dan suaminya mampu bekerja sama dalam hal membagi tugas agar urusan rumah tangga dan pekerjaan dapat dijalankan dengan baik dan berimbang. Kisah Fientje menjadi teladan yang baik bagi seorang perempuan yang berhasil dengan kehidupan rumah tangganya dan kariernya secara bersamaan. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery