pasang iklan

Dukung Opsi Dialog, Pangdam: Kami Juga Capek Baku Tembak Terus

JAGAPAPUA.COM - Sebagaimana diketahui, gangguan keamanan terus terjadi di wilayah Papua. Dalam beberapa waktu terakhir konflik bersenjata kembali memanas di Intan Jaya setelah sebelumnya terjadi di Kiwirok, kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dan Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Konflik ini mengakibatkan banyak korban baik dari masyarakat sipil maupun militer hingga ribuan masyarakat terpaksa mengungsi untuk menyelamatkan diri. Kondisi ini mendorong berbagai kalangan termasuk tokoh agama menyuarakan konflik di akhiri dengan membuka dialog damai demi kemanusiaan di tanah Papua.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Cenderawasih, Mayor Jenderal Ignatius Yogo Triyono menyampaikan mendukung pendekatan dialog guna menangani konflik yang ada di Papua. Menurutnya, konflik kerap kali terjadi karena kelompok kriminal bersenjata ingin menunjukkan eksistensinya di Papua.

Menurut Yogo, pendekatan dialog dapat dilakukan selama berada dalam bingkai perdamaian dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga mengaku prihatin banyak anggotanya menjadi korban selain daripada anggota KKB.

"Kami juga capek baku tembak terus karena pasukan kami juga menjadi korban, bukan hanya dari kelompok kriminal bersenjata," ujar Yogo, dikutip dari Tempo.co, Senin (15/11/2021).

Ia menyetujui membuka dialog, karena menurutnya, persoalan di Papua bukanlah persoalan keamanan melainkan persoalan kesejahteraan. Sementara itu, menurutnya, yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir bukan lagi kerusuhan melainkan merupakan gangguan keamanan.

"Saya setuju sekali. Akar masalah di Papua bukan persoalan keamanan, melainkan kesejahteraan," kata Yogo. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery