pasang iklan

MPR FOR Papua Dinilai Jadi Mitra Strategis TNI untuk Papua Damai

JAKARTA, JAGAPAPUA.COM - Forum MPR RI FOR Papua disebut dapat menjadi mitra strategis TNI dalam menciptakan situasi Papua yang damai. MPR RI FOR Papua diketahui diisi oleh anggota DPR RI dan DPD RI yang berasal dari Dapil Papua. Hal itu diungkapkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo saat menerima kunjungan Panglima TNI Andika Perkasa di kediaman pribadinya di Jakarta, Minggu malam (28/11/21).

Dalam pertemuan tersebut, Bamsoet mendukung kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk mengedepankan pendekatan tegas dan humanis dalam menyelesaikan persoalan yang ada di Papua. Sehingga pendekatan teknis yang digunakan lebih kepada operasi teritorial, bukan operasi tempur. Menurutnya, persoalan di Papua memerlukan pendekatan kesejahteraan dan pendekatan senjata apabila diperlukan.

"Pendekatan penyelesaian masalah di Papua tidak boleh hanya mengutamakan pendekatan senjata. Melainkan juga harus melalui pendekatan kesejahteraan yang komprehensif dan strategis. Sesuai Inpres 9/2020 yang dilanjutkan Keppres 20/2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,” ujar Bamsoet.

Dalam menerima silahturahmi Panglima TNI, Bamsoet yang ditemani puterinya Saras Shintya Puteri menekankan, TNI juga harus mengambil tindakan tegas dan terukur apabila konflik berkaitan dengan tindakan yang mengancam kedaulatan NKRI.

“Namun bukan berarti TNI tidak boleh mengambil tindakan tegas. Terhadap tindakan apapun yang mencederai kedaulatan bangsa dan negara, TNI harus tetap melakukan tindakan tegas dan terukur," tuturnya. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery