pasang iklan

3 Polres Baru Akan Terbentuk di Papua Barat, Polda Siapkan SDM

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - Tiga Kepolisian Resor (Polres) baru akan segera tebentuk di wilayah hukum Polda Papua Barat. Peresmian dan pengukuhan ketiga polres tersebut tingga menunggu Surat Keputusan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kepala Biro Perencanaan Polda Papua Barat Kombes Pol Budi Santoso mengatakan, surat keputusan Kapolri tersebut saat ini sedang dalam proses.

“Peresmian dan pengukuhan polres menunggu Surat Keputusan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo yang sedang berproses,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Sebelumnya, tim dari Mabes Polri telah melakukan studi kelayakan ke 3 lokasi calon polres untuk kemudian dilakukan proses verifikasi dan validasi dokumen oleh Kemenpan RB pada tahun 2021.

Tahap tersebut dilaksanakan setelah Polda Papua Barat mengajukan usulan kepada Mabes Polri terkait 3 polres baru tersebut. Pada proses ini juga telah dikirimkan telaahan staf, naskah akademik, dukungan SDM, sarana prasarana dari pimpinan Polri, dukungan tokoh masyarakat hingga Pemda pada awal tahun 2020 lalu.

Ketiga polres baru tersebut adalah Polres Pegunungan Arfak, Polres Maybrat dan Polres Tambrauw. Rencananya gedung perkantoran definitif 3 polres ini akan mulai dibangun pada 2023. Tiga polres baru ini akan dibentuk dengan tipe D berdasarkan Surat Menpan-RB Nomor B 42/M.KT.01/2022.

Untuk sementara, Polres Pegaf akan menempati eks Polsek Anggi, Polres Maybrat berlokasi sementara di eks Kantor Dispenda Maybrat dan Polres Tambrauw menempati eks Kantor Dispenda Tambrauw di Sausapor. Ketiga polres ini akan dipimpin oleh perwira polisi berpangkat AKBP.

Terkait pengembangan polres ini, Polda Papua Barat saat ini sedang berkoordinasi dengan pemda setempat terkait kantor sementara polres dan kebutuhan lainnya. Polda Papua Barat saat ini juga sedang menyiapkan kebutuhan personel yang akan ditempatkan di polres-polres baru tersebut. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery