pasang iklan

Buka Raker UKM STIH, Filep Wamafma: Orang Hukum Harus Kreatif

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COMKetua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum., C.L.A secara resmi membuka rapat kerja (Raker) Unit Kerja Mahasiswa (UKM) STIH Manokwari. Raker kali ini mengangkat tema ‘Kreatif, Inovatif dan Kemandirian menuju UKM yang Unggul, Peduli dan Berkarakter’.

Dalam sambutannya, Filep Wamafma memberikan edukasi kepada mahasiswa yang tergabung dalam UKM STIH Manokwari agar mandiri dalam mengelola setiap organisasi kemahasiswaan. Menurutnya, seorang mahasiswa juga dituntut cakap dan terampil dalam berbagai hal yang diasah diantaranya melalui organisasi kemahasiswaan.

"Mahasiswa hukum harus berinovasi dan berkreasi secara kreatif dan inovatif, sebab anda dituntut untuk memahami kemajuan hukum bukan saja di dalam ruang kelas, melainkan juga di luar kampus," pesan Filep saat membuka raker UKM STIH, Kamis (28/3/2024).

Menurut Filep, di masa perkuliahan saat ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk menata diri dalam berorganisasi dengan baik dan akan menjadi modal masa depan. Organisasi mahasiswa kata Filep, merupakan wadah untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dan soft skill lainnya.

Ia pun berpesan agar UKM dapat melahirkan program-program yang kontributif bagi masyarakat Papua Barat, terutama dari UKM lingkungan.

"Misalnya saja mahasiswa bisa ikut turut membersihkan sampah di pulau lemon dan Mansinam atau pesisir pantai Teluk Sawaibu Manokwari. Lalu mahasiswa bisa menanam pohon atau lakukan penghijauan dengan pemerintah. Artinya kemandirian mahasiswa bukan saja berharap dari kampus namun bisa kolaborasi dengan pemerintah dalam penghijauan dan pembersihan di lingkungan masyarakat," pesan Filep.

Sebagai ketua STIH Manokwari, ia berharap mahasiswa STIH mampu mengimplementasikan program yang lebih berdampak dan dirasakan manfaatnya untuk lingkungan dalam kampus maupun masyarakat sekitar.

Di samping itu mahasiswa juga diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan baik di level lokal, regional, nasional hingga internasional. Hal ini menurut Filep, akan dapat mendorong daya saing mahasiswa.

"Kemandirian mahasiswa diharapkan memberikan kemajuan tersendiri bagi kampus dan juga mampu bersaing di level nasional, bahkan internasional," tambah Filep.

Turut hadir dalam raker UKM STIH ini yakni wakil ketua II, III, Para Kabag, Kepala dan staf stih Manokwari dan ketua BEM STIH serta mahasiswa yang tergabung dalam UKM STIH. (WRP)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery