pasang iklan

Tahap Seleksi Administrasi Beasiswa Otsus Papua Telah Usai

PAPUA, JAGAPAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Papua telah menyelesaikan tahap administrasi Beasiswa Otsus Papua. Hasil seleksi administrasi terakhir adalah program Beasiswa Unggul Papua (SUP) Bidang Vokasi untuk siswa SMK sebanyak 154 lulusan. Sebelumnya, Pemprov Papua sudah menyelesaikan tahapan seleksi administrasi untuk program beasiswa SMA  dan dokter spesialis. Dan hasilnya, terdapat 471 pelajar SMA dan 112 dokter dari seluruh Papua yang dinyatakan lulus administrasi.

Berdasar informasi yang dirilis dari laman resmi Pemprov Papua, Beasiswa Otsus Papua memiliki 3 program beasiswa yaitu Beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP) untuk pelajar SMA, Beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP) Bidang Vokasi bagi pelajar SMK dan Beasiswa Dokter Spesialis Afirmasi Otsus Papua 2020 untuk dokter-dokter OAP yang bertugas di seluruh bumi Cendrawasih itu.

Pemberian beasiswa ini sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua yaitu untuk membangun dan menyiapkan SDM asli Papua untuk membangun masyarakat dan negerinya. Program Beasiswa SUP untuk SMA dan Beasiswa SUP Bidang Vokasi SMK dikhususkan bagi OAP dari suku-suku asli Papua untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Seleksi Beasiswa Otsus Papua bagi pelajar SMA dijalankan dalam 1 tahapan saja. Selesai tahap seleksi administrasi, mereka akan menjalani proses pembinaan untuk mempersiapkan diri menjalani pendidikan di luar negeri. Berbeda dengan pelajar SMK yang mengikuti beasiswa bidang vokasi.

Bagi pelajar SMK, setelah dinyatakan lulus tahap seleksi administrasi, mereka diharuskan mengikuti seleksi lanjutan berupa Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari tes verbal dan numerik serta tes Bahasa Inggris. Seleksi lanjutan ini akan diselenggarakan pada tanggal 8-9 oktober di gedung SMK Negeri 2 Kotaraja Kota Jayapura.

Kepala Biro Otsus Setda Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen menjelaskan untuk Beasiswa Dokter Spesialis Afirmasi Otsus Papua 2020 diadakan untuk mahasiswa/mahasiswi asli Papua yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana kedokteran serta telah lulus sertifikasi dan registrasi profesi sebagai dokter yang telah mengabdi sedikitnya selama satu tahun di wilayah Provinsi Papua.

Aryoko melanjutkan bahwa bagi penerima Beasiswa Vokasi akan menjalani pendidikan dan pelatihan vokasi di Australia. Untuk Beasiswa Vokasi, Pemprov Papua bekerja sama dengan lembaga pengembangan vokasi di Australia untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian OAP di bidang-bidang tertentu.

Program Pemprov Papua ini merupakan langkah strategis pemerintah untuk membangun kesejahteraan Papua dengan melakukan investasi pada sektor sumber daya manusia. SDM unggul Papua yang diperoleh dengan memberikan pendidikan yang berkualitas bahkan hingga ke luar negeri diharapkan akan melahirkan generasi-generasi emas yang akan berperan dan berkontribusi besar untuk Papua yang semakin maju di masa mendatang. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (1)

  • tentang pelatihan sdm

    With havin so much written content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My blog has a lot of unique content I've either authored myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the web without

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery

Filep Wamafma Ajak Semua Kalangan Bersama Sukseskan PON Papua.