pasang iklan

Perangi Calo, PLN: Penggunaan Listrik Ilegal Rugikan Masyarakat

MANOKWARI, JAGAPAPUA.COM - PLN Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) Manokwari mengimbau masyarakat Manokwari untuk menghindari penggunaan listrik secara ilegal. Manager PLN UP3 Manokwari Roberth Rumsaur penggunaan listrik ilegal yang dimaksud diantaranya seperti dengan memasang daya baru listrik melalui calo akan berdampak denda bagi pelanggan.

“Masyarakat atau pelanggan baru dalam memasang daya baru listrik melalui calo atau jasa pengurusan, baik yang entah disengaja atau tidak, memakai listrik PLN dengan menabrak prosedur bisa berakibat proses denda kepada bapak/ibu sebagai pelanggan,” ujarnya, Jumat (14/1/2022).

Lebih lanjut, ia menerangkan, pemasangan instalasi pelanggan dapat menggunakan jasa pemasangan instalasi. Sedangkan pemasangan jaringan listrik dari tiang hingga meteran itu adalah tanggung jawab pegawai PLN atau vendor yang diberi surat tugas dan memakai atribut lengkap.

Ia menekankan kepada masyarakat untuk tidak ragu menanyakan identitas resmi dan surat tugas yang dibawa. Menurutnya, permohonan pemasangan baru atau tambah daya masyarakat akan langsung tercatat di sistem informasi pelayanan pelanggan PLN. Kemudian, apabila masyarakat menemukan keraguan terhadap petugas pemasangan dan hal lainnya dapat segera menghubungi kantor PLN terdekat.

Untuk menghindari calo atau penggunaan listrik secara ilegal, Roberth juga menyarankan pelanggan untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, para pelanggan dapat dengan mudah dan praktis memonitor proses permohonan yang diajukan dengan aman, cepat dan akurat.

Selain itu, PLN Manokwari juga telah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Diantaranya dilakukan dengan pembagian brosur dan pemasangan spanduk di ruas Jalan Merdeka dan jalan Makalo termasuk sebagai upaya untuk memerangi calo listrik. (UWR)

Share This Article

Related Articles

Comments (0)

Leave a Comment

Liputan Video

Video Lainnya

Daftar

Gallery