Dana Desa Kampung Inof Cair, 98 KK Terima Sembako

BIAK NUMFOR, JAGAPAPUA.COM -  Dana desa kampung inofi hari ini, jumat 24 april 2020 sudah dicairkan dan direalisasikan dalam bentuk sembako yang langsung didistribusikan ke masyarakat.

Kepala Kampung Inofi, Mikael Ronsumbre mengatakan karena dampak Covid-19, Dana Desa tidak digunakan untuk kegiatan lain. Dana desa akan digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Dana Desa tahap pertama ini akan difokuskan untuk sembako dan Kegiatan Padat Karya Tunai (PDT). Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), akan diberikan pada pencairan Dana Desa tahap kedua". Ucap Mikael.

Dijelaskan bahwa untuk jumlah penduduk tetap di Kampung Inofi adalah sebanyak 90 KK. Namun ada tambahan 8 KK, yaitu keluarga yang tidak bisa pulang ke daerah asal mereka karena tidak ada kapal atau pesawat.

"Kami data, buat daftar per KK dan berikan sama rata. Ini musibah. Yang penduduk tetap maupun yang dari luar tapi tidak bisa pulang dan saat ini berada di kampung kami, tetap diberikan". Ucapnya.

Mikael Ronsumbre mengatakan untuk Kampung Inof jumlah Pagu Dana sebesar kurang lebih 844 jutaan. Dan untuk pencairan DD tahap pertama yaitu 40%. Aturan Bupati 10-15% digunakan untuk belanja sembako. Namun hampir sebagian besar di setiap kampung, bukan hanya Kampung Inofi, jumlah penduduk bertambah.

Akhirnya ada Kebijakan dari Bupati Biak Numfor, kepada setiap kepala distrik dan dilanjutkan ke setiap kepala kampung untuk dinaikkan. Terkait hal ini masing masing kampung berbeda beda. Ada yang 20%, ada yang 25%, dan ada yang 30%. Jelas Maikel.

"Untuk kampung inofi kami menerima 25% untuk belanja sembako guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Ucap Mikael.

"Adapun sembako yang dibagikan yaitu beras, tepung, supermi, telur, susu, gula, kopi, teh, minyak goreng, minyak tanah, bawang merah dan putih, garam, vetsin, dan masako," Ucap Mikael.

Diharapkan sembako yang diberikan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Ingat, jangan di perjualbelikan. Gunakan sebaik mungkin. Dan saya harap masyarakat tetap di rumah, ikuti, patuhi aturan dari Pemerintah guna kebaikan, keselamatan kita bersama. Tutupnya. (Lisa)

Baca juga: https://jagapapua.com/article/detail/2372/kppn-biak-cairkan-254-dd-langsung-ke-rekening-kampung

https://jagapapua.com/article/detail/2458/wamafma-minta-blt-di-papua-lebih-tinggi-ini-alasannya

Share This Article

Related Articles

Comments (13030)